Dinas PKP Pemkot Parepare Cek Kesehatan Hewan Kurban

KILASKATA.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare Gelar Kegiatan Rutin Menjelang Idul Adha.

Melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP), Pemkot Parepare kembali menggelar kegiatan rutin menjelang Idul Adha.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 8 Mei hingga 20 Juni 2024 mendatang.

Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana, mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan hingga hari tasyrik untuk memastikan pemotongan hewan kurban diawasi dengan ketat, baik sebelum maupun sesudahnya.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini meliputi pendataan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan hewan seperti pemberian vitamin dan obat-obatan, serta penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran penyakit,” ungkap Wildana.

Selama pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas PKP, tidak ditemukan hewan yang tidak layak dijadikan kurban.

“Selama pemeriksaan dilakukan, Alhamdulillah dinas PKP tidak menemukan hewan yang tidak layak untuk dijadikan hewan kurban,” tambah Wildana.

Terkait stok hewan kurban pada Jumat, 7 Juni 2024, tercatat ada 1.215 ekor sapi dan 380 ekor kambing yang siap untuk kurban. Jumlah ini diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga hari tasyrik.

“Kalau mengacu pada tahun lalu, data pemotongan untuk sapi kurang lebih 800 ekor dan kambing ada 200 ekor, sehingga kami optimis bahwa untuk stok hewan kurban, baik sapi maupun kambing, di Kota Parepare sudah mencukupi,” tandas Wildana.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelaksanaan Idul Adha di Kota Parepare dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan hewan, sehingga masyarakat dapat melaksanakan kurban dengan aman dan nyaman. (k13/kls**)