Pj Wali Kota Akbar Ali ajak DDI Tingkatkan Sinergitas dengan Pemerintah Bangun Kota Parepare

KILASKATA.COM, PAREPARE – Peran DDI Kota Parepare telah terbukti memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan di Kota Parepare khususnya dalam pembangunan keagamaan.

 

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali melalui Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan, Ahmad Masdar saat menghadiri pelaksanaan Musyawarah Pembentukan Ikatan Alumni Dan Halal Bi Halal Darul Dakwah Wal Irsyad (DDI) Kota Parepare di Ponpes DDI Ujung Lare. Sabtu, (11/5/2024)

 

Ahmad Masdar mengatakan selama ini DDI telah bersinergi dengan baik dengan pemerintah daerah dalam pembangunan keagamaan. Ia pun berharap sinergitas itu dapat lebih ditingkatkan.

 

“Kota Parepare memiliki kedekatan erat dengan perjuangan DDI. Kota Parepare pernah menjadi tempat perjuangan AG KH Abdul Rahman Ambo Dalle. Pada tahun 1950 pimpinan pusat DDI, yang sejak 1947 berkedudukan di Mangkoso, pindah ke Parepare mengikuti kepindahan AG KH Abdul Rahman Ambo Dalle yang mendapat tawaran menduduki posisi Qadhi Swapraja Mallusetasi di Parepare,” terangnya.

 

Kota Parepare, lanjutnya, cukup strategis serta lebih memadai dalam rangka peningkatan koordinasi dan pengembangan cabang-cabang DDI di Sulawesi Selatan.

 

“Menjelang kepindahan AG KH Abdul Rahman Ambo Dalle ke Parepare, sebuah madrasah DDI dibangun di kota ini, yang berlokasi disebelah selatan Mesjid Raya Parepare. Pada tahun 1957, juga dibangun kampus baru pondok pesantren di daerah Ujung Lare Parepare untuk mengakomodasi perkembangan DDI yang cukup pesat,” jelasnya.

 

Ia pun mengajak kepada segenap Keluarga Besar DDI Kota Parepare untuk terus bersama-sama membangun Kota Parepare.

 

“Melalui pelaksanaan Halal Bi Halal ini, mari kita perkuat silaturahmi sehingga akan menjadi energi kuat dalam membangun daerah ini. Saya juga berharap peran alumni DDI Kota Parepare dalam menjaga nama baik almamater dan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam membangun daerah ini,” pungkasnya. (k13/kls**)