Pj Wali Kota Akbar Ali Tekankan Pentingnya Peran APIP

KILASKATA.COM, PAREPARE – Iwan Asaad resmi menjabat sebagai Kepala Inspektorat di lingkungan Pemerintah Kota Parepare setelah dilantik oleh Penjabat Walikota Parepare, Akbar Ali, dalam sebuah upacara di Ruang Pola pada Senin (29/4/2024).

Pelantikan ini diharapkan akan membawa pengawasan Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota ini ke tingkat yang lebih tinggi.

Dalam sambutannya, Akbar Ali menekankan pentingnya peran Inspektorat dalam mengawal dan menggerakkan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Inspektorat harus menjadi pelopor dalam memberikan pengawasan, konsultasi, dan pelayanan internal yang efektif di Kota Parepare,” ujar Akbar Ali. (2/5/2024).

Kepala Inspektorat yang baru, Iwan Asaad, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengawasan terhadap pengelolaan keuangan, pelaksanaan program kerja SKPD, serta kinerja aparatur.

“APIP harus garang, artinya tidak bisa diajak kompromi dan harus bertanggung jawab penuh dalam pengelolaan keuangan dan sistem pengawasan,” tambah Akbar Ali.

Sementara itu Iwan Asaad, yang merupakan alumnus STPDN, menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas dengan maksimal sesuai dengan peran dan fungsi sebagai pengawas internal pemerintah.

“Saya berharap dengan adanya kepemimpinan baru di Inspektorat, kita dapat menciptakan sistem dan prosedur pengelolaan keuangan yang lebih efektif dan efisien,” tutur Iwan. (k13/kls**)