Mantap! Kota Parepare Juara 1 se-Sulsel Ajang Penghargaan Pembangunan Daerah

KILASKATA.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare dinobatkan menjadi juara satu pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan 2024.

Kepastian itu berdasarakan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan, Tanggal 3 April Tahun 2024, Nomor 357/IV/Tahun 2024 tentang Penetapan Pemenang Terbaik Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten dan Tingkat Kota Provinsi Sulawesi Selatan 2024.

Sekda Kota Parepare Muh Husni Syam mewakili Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali didampingi Kepala Bappeda Parepare Zulkarnaen Nasrun hadir menerima penghargaan itu di Hotel Claro, Makassar.

Penghargaan diserahkan Pj Sekda Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad atas nama Gubernur Sulsel.

Penyerahan penghargaan berlangsung di sela-sela Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025 Provinsi Sulsel.

Sekda Parepare Husni Syam usai menerima penghargaan mengucap syukur Parepare kembali dinobatkan menjadi juara satu di Sulsel ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

“Alhamdulillah Pemerintah Kota Parepare kembali meraih juara satu Penghargaan Pembangunan Daerah. Tentu ini merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi pemerintah dan masyarakat Parepare,” kata Husni. (1/5/2024).

Husni mengungkapkan, penghargaan ini diraih berkat kerja sama Pemerintah Kota yang dimotori oleh Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali. Atas kerja sama yang baik itu mengantarkan Parepare kembali mendapatkan juara satu Penghargaan Pembangunan Daerah.

“Tentu diharapkan semua OPD betul-betul agar dalam membuat perencanaan bisa lebih terarah. Utamanya memprioritaskan kepentingan masyarakat,” harap Husni.

Sementara Kepala Bappeda Parepare Zulkarnaen mengemukakan, PPD ini merupakan ajang penilaian Bappenas secara berjenjang. Penilaian itu terkait dengan proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kota se-Indonesia.

“Khusus di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan penilaian Kabupaten Kota atas keberhasilan pembangunan. Termasuk Kota Parepare yang ditunjukkan pada pencapaian ekonomi makro, sosial dan pembangunan manusia,” ungkap Zulkarnaen.

Dia memaparkan, penilaian ini juga memperhatikan kualitas dokumen perencanaan tahunan dalam hal ini RKPD dan inovasi daerah.

Secara khusus Zulkarnaen mengungkapkan peran penting Pj Wali Kota Akbar Ali atas penghargaan ini. Akbar Ali betul-betul mendampingi dalam proses penilaian PPD.

“Bentuk dukungan Bapak Wali Kota dalam penilaian ini yaitu menyempatkan diri memimpin langsung proses penilaian dari tim independen. Sekaligus mempresentasikan paparan yang sudah disiapkan di hadapan tim penilai,” tegas Zulkarnaen.

Sebelumnya, Akbar Ali hadir langsung memimpin pemaparan presentasi capaian-capaian pembangunan Parepare di hadapan tim panelis yang terdiri dari Dr Agussalim, Dr Sultan Suhab, Ahmad Jawwad, Rosniaty Azis di Hotel Ibis Styles, Makassar, Jumat, (23/2/2024).

Saat itu, tim penilai menyebut Parepare menjadi salah satu nominasi terbaik Kabupaten Kota bersama 12 daerah lainnya yang lolos masuk penilaian PPD tahap 2.

Akbar Ali dalam presentasinya antara lain memaparkan tentang pertumbuhan ekonomi khususnya terkait kinerja perekonomian Parepare yang mulai pulih pasca pandemi Covid-19. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan ekonomi 2021 mencapai 4,77% dan kembali meningkat pada 2022 menjadi
5,93%.

“Pertumbuhan ekonomi pada tahun
2022 ditopang oleh sektor perdagangan
besar dan eceran, sektor konstruksi, real
estate, administrasi pemerintahan, dan
sektor jasa keuangan. Tingkat
pertumbuhan Kota Parepare pada tahun
2022 lebih tinggi dibanding Provinsi Sulsel yang mencatat pertumbuhan ekonomi
sebesar 5,09% dan juga lebih tinggi
dibanding nasional yang hanya 5,31%,” papar Akbar Ali dalam presentasi saat itu. (k13/kls**)