Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Terima Penghargaan Kepala Daerah Terbaik

KILASKATA.COM, PAREPARE – Tepat empat bulan bertugas memimpin Kota Parepare, Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali mendapatkan penghargaan sebagai Pj Wali Kota Parepare terbaik dari Forum Masyarakat Bahagia (FMB).

Penghargaan diserahkan oleh Ketua FMB Zainal Azis Mandeng di sela pengukuhan dan deklarasi FMB di Barugae, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare.

Selain Akbar Ali, FMB juga memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh di antaranya H Syamsul Latanro (HSL) sebagai pengusaha pelayaran terbaik, Jusvari Genda pengusaha properti terbaik, Rudy Najamuddin Anggota DPRD Parepare terbaik, AKBP Arman Muis Kapolres terbaik.

Dalam kesempatan itu, Akbar Ali juga sekaligus mengukuhkan FMB.

“Hari ini tepat empat bulan saya berada di Parepare. Saya efektif bertugas mulai 1 November 2023, hari ini 29 Februari 2024 tepat empat bulan. Saya bersyukur ada FMB. FMB Ormas pertama yang saya kukuhkan. Ormas baru tapi gemanya sudah ada di mana-mana,” kata Akbar Ali dalam sambutannya. (1/3/2024)

Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri ini menilai FMB betul-betul telah menjadi sebuah instrumen yang wadahi masyarakat berkelompok, berpikir untuk kepentingan yang sama yakni membangun Parepare, dan berkontribusi layaknya Ormas dalam melakukan sosial kontrol terhadap pemerintahan.

“Tugas FMB adalah memberikan sosial kontrol, ingatkan pemerintah agar berada di rel yang benar. Tapi jangan sampai lakukan penyidikan. Karena hak penyidikan itu ada pada pak polisi, jaksa, KPK, dan PPNS,” ingat Akbar Ali.

Akbar Ali mengakui FMB menjadi mata dan telinganya untuk mendengar aspirasi dan mendapat masukan dari masyarakat. Karena itu, selaku Pj Wali Kota yang tidak memiliki Wakil Wali Kota, dia terbantu karena memiliki teman-teman Ormas LSM seperti FMB.

“Didemo pun saya sudah dibantu. Karena itu mengingatkan saya jika saya salah langkah,” tegas Akbar Ali.

Sementara Ketua FMB, Zainal Azis Mandeng mengungkapkan, salah satu alasan penghargaan diberikan kepada Akbar Ali, karena dia selaku pemimpin daerah yang akomodatif, mendengar dan menerima masukan, selalu turun di tengah-tengah masyarakat, dan diterima oleh seluruh elemen masyarakat.

“Pak Pj Wali Kota ini anugerah bagi Kota Parepare, karena dapat diterima oleh semua kalangan. Mendengar dan menerima masukan. Selalu turun di masyarakat. Kita bisa temui kalau jogging pagi di lapangan, turun ke pasar, pokoknya sangat mudah ditemui. Seandainya dia ingin maju menjadi Calon Wali Kota, pastinya kita akan mendukungnya,” tandas Zainal. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *