Pj Wali Kota Akbar Ali: Pemilu di Parepare Dalam Kondisi Aman dan Kondusif

KILASKATA.COM, PAREPARE – Tidak ada gejolak yang terjadi selama proses Pemilihan Umum Presiden-Wakil Presiden dan Legislatif di Kota Parepare.

Termasuk saat dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) khusus Pilpres di salah satu Temat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (21/2/2024), suasana aman dan kondusif tetap terjaga.

Kondisi ini dilaporkan Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dalam prosesi puncak peringatan hari ulang tahun ke-64 Kota Parepare di Auditorium IAIN Parepare, Ahad (18/2/2024).

Akbar Ali melaporkan bahwa situasi aman dan kondusif di Parepare, karena sinergitas seluruh elemen masyarakat terjaga dengan baik.

“Dalam kesempatan ini, kami melaporkan kepada Bapak Penjabat Gubernur bahwa pelaksanaan Pemilu di Kota Parepare telah berjalan dengan baik, aman dan damai. Meskipun masyarakat Kota Parepare adalah masyarakat yang majemuk, namun tetap membuktikan kedewasaan dalam berdemokrasi,” kata Akbar Ali di hadapan Pj Gubernur yang hadir bersama rombongan jajaran pejabat Pemprov Sulsel.

Akbar Ali dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada seluruh tokoh agama, tokoh Masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat yang telah menjaga situasi aman dan kondusif selama pelaksanaan Pemilu.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI/Polri yang telah menjaga situasi keamanan dalam pelaksanaan Pemilu ini,” ucap Akbar Ali.

PSU di TPS 02 Tonrangeng, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, pada Rabu, (21/2/2024), berjalan aman dan lancar.

PSU dilakukan berdasarkan temuan Bawaslu Parepare, karena ada pemilih ber-KTP luar Parepare yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tambahan mencoblos Pilpres di TPS tersebut.

Pemkot Parepare melalui Asisten I Pemerintahan dan Kesra Dede Harirustaman turun langsung memantau pelaksanaan PSU. Dede bersama Ketua KPU Parepare, Muhammad Awal Yanto mengecek jumlah pemilih dan kesiapan petugas TPS.

Dalam PSU itu, terdata 182 pemilih dari 282 yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) menggunakan hak pilihnya. Jika dipersentasekan sekitar 63 persen.

“Alhamdulillah PSU berjalan baik, sukses, tertib, aman, dan lancar. Atas nama Pemerintah Kota Parepare kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat atas kelancaran PSU ini,” tandas Asisten I Dede Harirustaman. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *