Kembalikan Kejayaan Parepare, Pj Gubernur Dukung Akbar Ali Wujudkan Parepare jadi Kota Investasi

KILASKATA.COM,.PAREPARE –  Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), kini genap berusia ke-64 tahun. Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mengangkat tema Menuju Kota Tujuan Investasi.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Parepare berlangsung di Auditorium IAIN Parepare, Minggu (18/2/2024).

HUT ke-64 Parepare dihadiri Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Pj Ketua PKK Sulsel Sofha Marwah beserta jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Turut hadir Ketua DPRD Parepare Kaharuddin Kadir beserta anggota dan Sekda Parepare Muhammad Husni Syam. Hadir pula jajaran Forkopimda TNI-Polri.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan masa lalu Parepare merupakan pusat perdagangan dengan ribuan kapal yang pulang balik ke daerah ini.

Sejarah panjang daerah ini yang berkembang, dulu awalnya semak belukar lalu berkembang jadi pusat perdagangan. Kemudian berkembang menjadi kota seperti ini,” ujap Bahtiar.

“Masa lalu tahun 1.600-an, ada ribuan kapal yang bolak-balik ke Parepare. Ini kota tua dengan lintas perdagangan dunia bukan hanya lokal,” sambungnya.

Bahtiar menyebut di HUT ke-64 masyarakat dan Pemkot Parepare berkeinginan kembali menjadi pusat perdagangan dan mengembalikan kejayaan yang dulu pernah hilang.

“Hari ini tidak menjadi puluhan ribu. Malah sekarang sepi. Padahal jumlah penduduk banyak. Ini tantangan kita sebagai pemerintah di Sulsel,” papar Pj Gubernur Sulsel.

Dirinya menilai Parepare merupakan pusat perdagangan di masa lalu dan saat ini pemerintah kota sedang memperjuangkan hal itu kembali.

Sebagai Pj Gubernur Sulsel, pihaknya mendukung penuh gebrakan Pj Wali Kota Parepare untuk mewujudkan Parepare sebagai kota tujuan investasi.

“Saya dukung sepenuhnya sebagai Pj Gubernur Sulsel. Ini harus diwujudkan dengan menggandeng daerah sekitar. Karena Parepare terbatas wilayahnya. Maka perlu dikoneksikan dengan daerah lain,” jelasnya.

“Cita-cita membangun daerah pusat perdagangan juga perlu diwujudkan karena tidak mungkin sebuah pelabuhan besar, tidak didukung dengan pergudangan,” tambah Bahtiar.

Bahtiar mendorong Parepare memiliki gudang yang besar seperti yang dimiliki daerah lain.

Dia juga mendorong cita-cita menjadikan Parepare sebagai kota tujuan investasi harus dilakukan bersama karena ini daerah pusat perdagangan.

“Parepare harus memiliki gudang yang besar seperti daerah lain. Upaya bersama harus dilakukan karena ini daerah pusat perdagangan,” pungkasnya.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali berharap dukungan dari Pj Gubernur Sulsel untuk mendukung pengoptimalan pelabuhan.

“Kami mengharapkan dukungan bapak Pj Gubernur Sulsel sebagai wakil pemerintahan pusat untuk mendukung optimaslisasi pelabuhan Parepare,” harapnya.

“Sebagai kota pelabuhan, maka penataan pelabuhan yang optimal sangat diperlukan untuk meningkatkan kehidupan ekonomi Parepare,” pungkas Akbar Ali. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *