Pj Wali Kota Akbar Ali Pantau Aktivitas Pelabuhan Jelang Nataru

KILASKATA.COM, PAREPARE – Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali di sela-sela kunjungannya bersama unsur Forkopimda di Pelabuhan Nusantara, Kamis, 21 Desember 2023, sore.

Kunjungan ini, sekaligus pemantauan pergerakan orang memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

Jelang Nataru, aktivitas penumpang kapal mulai padat di Pelabuhan Nusantara Parepare.

Saat di Pelabuhan Nusantara, Pj Wali Kota Akbar Ali memantau aktivitas di Pelabuhan Nusantara saat kedatangan kapal milik Pelni, KM Siguntang.

Kedatangan Pj Wali Kota Akbar Ali disambut Kepala KSOP Parepare, Shaiful Harry bersama jajaran, GM Pelindo Parepare, Sardi bersama jajaran, Kacab Pelni Parepare, Hari Santoso bersama jajaran, beserta stakeholder kepelabuhanan.

Pj Wali Kota bersama unsur Forkopimda, di antaranya Kepala Kejari Parepare Edy Dikdaya, Kepala Pengadilan Negeri (PN), Khusnul Khatimah, Dandim 1405 Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta, Wakapolres Parepare Kompol Muthalib, Danyon Brimob Parepare, Kompol Ramli, Kapolsek KPN, Iptu Sukti Abdullah. Jajaran Pemkot, di antaranya, Sekda Parepare HM Husni Syam, Asisten I Dede Harirustaman, Kepala Dishub Fitriany, Kadiskominfo Anwar Amir dan Kasatpol PP Ulfa Lanto. Turut juga hadir Basarnas, TNI-AL, Polairut, Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar.

Akbar Ali pertama-tama mengunjungi posko angkutan laut Nataru. Di sini Akbar Ali melihat pergerakan jumlah penumpang kapal yang naik dan turun selama tiga hari pelaksanaan posko dengan perbandingan tahun lalu, sesuai yang tertera di papan informasi.

Kemudian, Akbar Ali menyempatkan berkeliling di atas KM Siguntang, lalu berdiskusi di ruang GM Pelindo di Terminal Pelabuhan.

“Memasuki jelang Nataru ini kita melihat bagaimana pergerakan mobilitas penduduk yang keluar dan masuk wilayah Kota Parepare. Alhamdulillah, ada yang mengalami kenaikan dan penurunan,” ungkap Akbar Ali kepada wartawan di Pelabuhan Nusantara Parepare.

Dia pun memantau aktivitas penumpang kapal yang turun dari KM Siguntang milik Pelni.

“Saat ini, kita ingin memantau dengan masuknya kapal Pelni Bukit Siguntang. Kami ingin melihat langsung bagaimana kedatangan para penumpang, apakah penumpang transit atau lanjut lagi berangkat ke Kupang,” ungkapnya.

Melihat kedatangan KM Bukit Siguntang, Akbar Ali menjelaskan bahwa aktivitas tersebut bisa diprediksi untuk kesiapan akomodasi darat agar penumpang bisa pulang ke daerah tujuan.

“Dengan melihat jumlah masyarakat yang masuk ke Kota Parepare, kita bisa memprediksikan bagaimana kesiapan akomodasi darat untuk mereka semua untuk sampai ke daerah tujuan masing-masing,” jelasnya.

Akbar Ali melihat kondisi lokasi parkir kendaraan di kawasan pelabuhan perlu dibenahi agar terlihat rapi dan bisa memberikan kenyamanan bagi penyedia jasa angkutan darat.

“Kalau mungkin kita melihat saat sekarang ini, mungkin tempat parkir yang harus perlu ditata ini, lebih memberikan kenyamanan bagi para armada darat untuk memberikan pelayanan kepada pelabuhan,” tandasnya. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *