Berita  

Kadiv Pas Kemenkumham Sulut Didampingi Plt. Karupbasan Manado Tinjau Progres Pembangunan Lapas IIA

KILASKATA.COM, MANADO – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun melalui kepala divisi Pemasyarakatan, Aris Munandar didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Kesehatan Rehabilitasi Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan, Yusran Saad mengawali pekan pertama bertugas di Bumi Nyiur Melambai, meninjau langsung kegiatan pembangunan Lapas Kelas IIA Manado.

Lapas Kelas IIA Manado sendiri berlokasi di kantor Rupbasan Kelas I Manado. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Plt Karupbasan Manado, Hardiman. (15/10/2023).

Aris Munandar mengatakan, kunjungan ini merupakan langkah penting dalam memantau progres pembangunan lembaga pemasyarakatan tersebut, yang akan menjadi salah satu sarana penegakan hukum yang lebih modern dan berstandar internasional di wilayah Sulut.

Kedatangan Kakanwil Kemenkumham Sulut ke Lapas Kelas IIA Manado disambut baik oleh sejumlah pejabat setempat, termasuk Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (KaKarupbasan) Manado.

“Pertemuan ini bertujuan untuk memastikan bahwa proyek pembangunan berjalan sesuai rencana dan dalam batas waktu yang telah ditentukan,” katanya.

Lapas Kelas IIA Manado, kata dia, akan menjadi salah satu lembaga pemasyarakatan yang modern, dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung rehabilitasi dan reintegrasi narapidana.

“Fokus utama pembangunan Lapas Kelas IIA adalah menciptakan kondisi yang lebih manusiawi dan memenuhi standar internasional dalam pemasyarakatan,” jelasnya.

Selama kunjungan tersebut, Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Sulut melakukan peninjauan mendalam terhadap progres pembangunan, termasuk fasilitas perawatan dan rehabilitasi narapidana, ruang tahanan, serta fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu, dia juga berdiskusi dengan Plt KaKarupbasan Manado dan tim proyek mengenai upaya-upaya yang diperlukan untuk memastikan bahwa Lapas Kelas IIA Manado beroperasi sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku.

Kakanwil Kemenkumham Sulut, dalam sambutannya, menekankan pentingnya pembangunan Lapas Kelas IIA Manado sebagai langkah menuju sistem pemasyarakatan yang lebih baik.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam proyek ini, termasuk pihak swasta yang mendukung pembangunan lembaga pemasyarakatan tersebut.

Kunjungan ini merupakan contoh konkret dari komitmen Kemenkumham Sulut untuk meningkatkan infrastruktur pemasyarakatan di wilayahnya.

Dengan pembangunan Lapas Kelas IIA Manado yang terencana dengan baik dan diawasi secara ketat, diharapkan dapat menciptakan kondisi yang lebih baik bagi narapidana dan memperkuat sistem pemasyarakatan di Sulawesi Utara.

Sementara itu, Plt Karupbasan, Hardiman juga memeriksa langsung sejauh mana progres pekerjaan yang sudah berjalan tersebut.

Dia mengatakan, proyek pembangunan Lapas Kelas IIA Manado merupakan langkah maju dalam memperbaiki sistem pemasyarakatan di Indonesia, dan Kakanwil Kemenkumham Sulut berkomitmen untuk terus memantau perkembangan proyek ini hingga selesai, sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Sulut dan negara secara keseluruhan. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *