RS HAH Parepare Beri Tips Penanganan Pertama Keracunan

KILASKATA.COM, PAREPARE – Dokter IGD Rumah Sakit (RS) dr. Hasri Ainun Habibie (HAH) Kota Parepare, dr. Winardi Rudyanto, S.Ked memberikan tips bagaimana penanganan pertama jika ada masyarakat yang keracunan.

Menurut Winardi, keracunan adalah kondisi yang memerlukan penanganan cepat dan tepat. Keracunan bisa terjadi di mana saja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi keracunan agar pertolongan pertama dapat segera diberikan.

“Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan jika orang sekitar mengalami keracunan:
Segera hubungi ambulance atau call center rumah sakit. Jika racun itu tertelan, maka keluarkan sisa-sisa racun dalam mulut pasien. Apabila racun tersebut pada kulit, maka lepaskan semua pakaian pasien menggunakan sarung tangan dan segera bilas kulit yang terkena racun selama 15-20 menit. Apabila racun terkena pada mata, maka segera basuh mata yang terkena racun dengan air bersih yang mengalir selama 14-20 menit dan jangan menggosok mata pasien. Apabila racunnya terhirup, maka pindahkan pasien ketempat yang aman dan terhindar dari gas beracun,” ungkap Winardi. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *