Inovasi Taufan Pawe Angka Harapan Lama Sekolah di Parepare Alami Peningkatan

KILASKATA.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare memiliki program pendidikan gratis sehingga tidak ada alasan lagi setiap usia wajib sekolah tidak menikmati pendidikan hanya karena persoalan biaya. Program Pendidikan gratis yang menjadi komitmen Pemerintah Kota Parepare telah berdampak pada peningkatan partisipasi sekolah.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe saat menghadiri penyerahan Beasiswa Mentari oleh Lazismu Kota Parepare kepada 450 siswa di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Sabtu, (7/10/2023)

Hadir Ketua Lazismu Kota Parepare, Penjabat Sekda Kota Parepare, para kepala SKPD, lurah dan camat se Kota Parepare, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Parepare serta Forkopimda.

Selain pendidikan gratis, Taufan mengemukakan bahwa juga diberikan beasiswa bagi siswa kurang mampu sehingga akan mengurangi beban para orang tua dalam membiayai sekolah anak-anaknya. Program Pendidikan Gratis lainnya yang sangat dirasakan oleh orang tua siswa adalah adanya Transportasi Gratis bagi anak didik SD dan SMP, dengan sistem antar jemput di titik tertentu.

“Angka Harapan Lama Sekolah di Kota Parepare terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2013 angka harapan lama sekolah yakni 13, 65 tahun dan meningkat drastis di tahun 2022 menjadi 14,52 tahun,” ucap Taufan.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini mengatakan persoalan pendidikan memang tanggung jawab seluruh pihak, namun demikian pemerintah harus memiliki political will, inovasi dan kreatifitas yang kuat melalui dukungan kebijakan dan program kerja yang nyata di lapangan.

“Beberapa program yang telah kita lakukan diantaranya penyediaan beasiswa SD dan SMP, pemberian insentif bagi tenaga pendidik PAUD,  bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi dan  kurang mampu sebagai upaya mengantisipasi terjadinya siswa putus sekolah karena kendala ekonomi,” ungkapnya. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *