Dinas DPPKB Pemkot Parepare Tingkatkan Kinerja dalam Penanganan Stunting

KILASKATA.COM, PAREPARE – Stunting, masalah yang serius yang terkait dengan pertumbuhan anak yang tidak mencukupi akibat gizi buruk, telah menjadi perhatian utama di seluruh Indonesia.

Di tengah tantangan ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPPKB) di Kota Parepare menonjol sebagai contoh positif dalam upaya penanganan stunting.

“Pemerintah Kota Parepare telah menjadikan penanganan stunting sebagai salah satu prioritas utama. Kami DPPKB, di bawah kepemimpinan Wali Kota Taufan Pawe yang visioner, telah mengambil langkah-langkah konkret dalam menangani masalah itu,” ucap Amarun Agung Hamka, Kadis DPPKB Parepare.

Salah satu yang dijalankan adalah Penyuluhan dan Edukasi. DPPKB, kata dia, telah aktif dalam memberikan penyuluhan dan edukasi kepada ibu hamil dan keluarga mengenai pentingnya gizi yang seimbang selama kehamilan dan masa pertumbuhan anak.

“Kita lakukan penyuluhan dan edukasi dengan tujuan untuk mencegah stunting sejak dini,” kata dia.

Pihaknya juga melakukan pemantauan pertumbuhan anak-anak di Kota Parepare secara berkala.

Itu, kata dia, untuk membantu dalam mengidentifikasi anak-anak yang berisiko stunting dan memberikan perawatan dan dukungan yang tepat.

“Kita juga memberikan dukungan dengan memberikan makanan tambahan untuk anak-anak yang teridentifikasi mengalami stunting. Hal ini dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak terkait untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan asupan gizi yang cukup,” terangnya.

DPPKB Parepare tambah Hamka telah menjalin kerja sama erat dengan sektor-sektor lain, seperti kesehatan dan pendidikan, untuk menghadapi stunting secara holistik. Hal ini mencakup upaya untuk meningkatkan gizi anak melalui program sekolah dan klinik kesehatan.

Di tempat lain, Wali Kota Parepare Taufan Pawe menyatakan mendukung upaya DPPKB.

Taufan Pawe menegaskan komitmenya untuk memerangi stunting. Dia berharap penanganan stunting dan responsivitas DPPKB dalam mengatasi masalah tersebut dapat menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain di Indonesia.

Pemerintah Kota Parepare, kata Taufan Pawe juga berharap agar masyarakat ikut berperan aktif dalam mendukung program-program ini.

“Kita yakin bahwa stunting dapat dicegah dan bahwa setiap anak di Kota Parepare akan memiliki peluang tumbuh dan berkembang secara sehat dan optimal,” ungkapnya. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *