Di Grand Final Duta Lingkungan Hidup, Erna Rasyi Taufan: Kalah Menang Menjadikan Pribadi Lebih Baik

KILASKATA.COM, PAREPARE – Bunda Lingkungan Hidup yang juga Ketua Tim Penggerak Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan mengingatkan para Duta Lingkungan Hidup membekali diri dengan literasi sebagai pondasi kepedulian dalam pelestarian lingkungan hidup.

Hal itu disampaikan istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare ini saat memberikan sambutan dalam acara Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kota Pareparr Tahun 2023 yang digelar Ikatan Duta Lingkungan Hidup bekerja sama Pemkot Parepare di Kebun Raya Jompi’e, Sabtu, (12/8/2023).

“Menjadi kewajiban kita untuk melestarikan lingkungan hidup kita. Tadi saya mendengar slogan ‘salam lestari tetap lestari dengan simbol L. Simbol ini sama dengan literasi karena memang hakikatnya melestarikan alam karena litetasi. Kita tidak mungkin tahu bagaimana menjaga alam dan linhkungan kita tanpa melalui proses literasi, termasuk literasi alquran yang banyak berpesan kepada kita untuk melakukan kerusakan di bumi,” ujar Erna Rasyid Taufan yang juga diketahui sebagai Bunda Literasi Parepare sembari melantunkan ayat al quran wa idza qila lahum la tufsidu fil ardhi, qalu inna ma nahnu mushlihun.

Ayat yang ditekankan Erna ini berarti “Jika dikatakan kepada mereka jangan kalian berbuat kerusakan (mafsadat) di bumi, mereka menjawab, kami hanya pembuat kebaikan (maslahat)”.

Pembina Forum Kajian Cinta Alquran (FKCA) ini pun berharap, para Finalis Duta Lingkungan Hidup ini dapat menjadi sosok yang peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, dengan menjadi panutan dalam menjaga pelestariannya.

Selain itu, Erna juga menyemangati semua finalis agar selalu menjaga hati apabila menang maupun kalah karena sesungguhnya kata dia, para finalis itu telah menang.

“Semuanya sudah menang jadi tidak perluki’ dumba’-dumba’. Jika menang, maka bersyukurlah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jika kalah bersabar untuk menjadi pribadi yang lebih baik,” pesan Erna yang menghentikan sambutan saat jelang adzan Ashar berkumandang. “Karena sudah mau adzan, saya hentikan sambutan saya wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,” tambahnya. (k13/kls **)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *