Presentasi Verifikasi Nasional Penyelenggaraan Kota Sehat, Taufan Pawe Ungkap Inspirasinya Bangun Parepare

KILASKATA.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memimpin jajaran terkait melakukan presentasi Verifikasi Lanjutan Penyelenggaraan Kota Sehat 2021-2022 tingkat nasional secara virtual, Rabu (9/8/2023).

Taufan Pawe yang tengah dalam kegiatan dinas di Kabupaten Wajo, menyempatkan presentasi di hadapan tim verifikator pusat yang terdiri dari lintas kementerian dan lembaga.

Sementara jajaran terkait Pemerintah Kota Parepare, Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Forum Kota Sehat Parepare, dan para stakeholder mengikuti presentasi dari Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare.

Taufan Pawe mengulas secara komprehensif kerja-kerja terintegrasi dan kolaborasi lintas SKPD Parepare bersama instansi vertikal dan stakeholder dalam penyelenggaraan Kota Sehat.

Tim Pembina Kota Sehat Parepare terdiri dari SKPD antara lain Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perkimtan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, beberapa instansi teknis lainnya serta instansi vertikal seperti Kementerian Agama, Polres, dan lainnya sukses membangun sinergitas dalam penyelenggaraan Kota Sehat.

Terbukti empat kali berturut-turut Parepare meraih penghargaan Kabupaten Kota Sehat kategori tertinggi yakni Swasti Saba Wistara, dan kini optimis mempertahankan Wistara kelima kalinya.

Optimisme itu beralasan, karena 9 tatanan penyelenggaraan Kota Sehat berdasarkan verifikasi mandiri telah melewati ambang batas minimal untuk kategori Wistara. Itu semakin menguat dengan presentasi oleh Wali Kota Taufan Pawe.

Taufan Pawe dalam ulasannya mengungkapkan, pembangunan Parepare terinspirasi dari Presiden ke-3 RI BJ Habibie yang merupakan putra kelahiran Parepare. Kisah cinta sejatinya dengan sang istri Hasri Ainun Habibie, membuat Parepare kental dengan ikonik Kota Cinta Habibie Ainun.

“Inspirasi itu yang membuat Parepare banyak mengukir prestasi selama sembilan tahun, delapan bulan saya memimpin kota ini. Tidak hanya penghargaan Kota Sehat, Parepare juga mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak hingga kesetaraan gender,” ungkap Taufan Pawe.

Taufan Pawe juga mengungkap satu demi satu inovasi dan terobosan SKPD-SKPD Parepare yang turut mendukung penyelenggaraan Kota Sehat.

Tim verifikator yang terdiri dari Direktorat Kesling dan P2P Kemenkes mengapresiasi presentasi Taufan Pawe dan kesiapan Parepare dalam penyelenggaraan Kota Sehat. Sebelumnya juga telah dilakukan bedah dokumen oleh 28 kementerian/lembaga terkait, yang semakin menguatkan Parepare menuju Wistara kelima.

“Selamat kepada Parepare yang sudah sampai pada verifikasi lanjutan ini. Apresiasi kami berikan kepada Bapak Wali Kota, Tim Pembina Kota Sehat, semoga Parepare dapat mempertahankan Wistara kelima kalinya,” puji tim verifikator. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *