Mantap! Kota Parepare Masuk 5 Besar Proyek Investasi Terbaik Sulsel, Ini Kata Pangerang Rahim

KILASKATA.COM, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menghadiri South Sulawesi Investment Challenge (SSIC) yang berlangsung di Hotel Four Point Makassar.

Pangerang Rahim pada forum itu memaparkan berbagai peluang yang dapat mendorong investor masuk ke Kota Parepare.

Pemaparan tersebut adalah Parepare Hotel dan Convention Hall (PHCH) yang menurut Pangerang adalah peluang investasi yang sangat menjanjikan.

“Kota Parepare adalah kota jasa yang minim sumber daya alam sehingga dalam visi dan misi kami bagaimana membangun infrastruktur yang menarik dan dapat dipakai oleh berbagai pihak, salah satu contohnya adalah Parepare Hotel dan Convention Hall,” ucap Pangerang. (2/8/2023).

Diketahui bahwa SSIC merupakan acara tahunan yang rutin diselanggarakan KPw BI Provinsi Sulsel bekerja sama dengan Pemprov Sulsel sejak tahun 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh Pemerintah Provinsi yang tergabung dalam PINISI SULTAN diantaranya DMPTSP Sulsel, Bappelitbangda Sulsel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel, serta Dinas Pariwisata Sulsel, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Project Owner Investment Project Ready to Offer (IPRO), sampai Bupati dan Walikota se-Sulawesi Selatan.

Dengan mengusung tema Strengthening a Fast-Growing, Inclusive and Sustainable Economy, SSIC kali ini menjaring 24 usulan Projek Investasi senilai Rp9,12 Triliun dari 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan untuk diambil 5 projek investasi terbaik.

Dari 24 peserta SSIC 2023, telah dilakukan penilaian tahap 1 dan tahap 2 oleh 5 dewan Juri. Hasil seleksi menyisakan 5 Investment Project Ready to Offer (IPRO) yang akan mempresentasikan proyek investasinya dihadapan dewan juri langsung.

Kelima Proyek Investasi tersebut adalah Pengolahan Rumput laut dari Kabupaten Bone, Pengembangan Kawasan Industri Bantaeng Pabrik Baterai Litium dari Kabupaten Bantaeng, Parepare hotel dan convention hall dari Kota Parepare, Industri Pengalengan Ikan Sarden Terintegrasi dari Kabupaten Sinjai, serta Pengembangan Kawasan Minapolitan Selayar (KMS) dari Kabupaten Selayar.

Dari lima daerah Kabupaten Kota finalis SSIC 2023 tersebut, para kepala daerahnya atau pejabat yang mewakili mempresentasikan potensi project investasi yang siap untuk ditawarkan ke investor ke para dewan juri.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman hasil pemenang South Sulawesi investment Challenge (SSIC) 2023. Hasilnya, tim dewan juri memutuskan Kabupaten Bantaeng sebagai juara 1, Kabupaten Kepulauan SelayarJuara 2, Kabupaten Bone Juara 3, Kabupaten Sinjai Harapan 1, dan Kota Parepare sebagai juara harapan 2 kompetisi SSIC 2023.

Kepada para pemenang tersebut diberikan apresiasi berupa trophy, piagam penghargaan, peralatan pendukung promosi investasi, dan pendampingan/konsultansi perbaikan proposal IPRO yang akan disampaikan secara langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan dan Kepala Perwakilan BI Sulsel. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *