Pemkot Parepare Segera Bentuk UPT PPA

KILASKATA.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare, kembali berhasil meraih predikat kategori Nindya untuk ketiga kalinya dalam Penganugerahan Kabupaten/ Kota Layak Anak yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penyerahan piala diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam prosesi yang berlangsung di Padma Hotel, Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu malam (22/7/2023).

Hadir menerima piala penghargaan Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, mewakili Walikota didampingi sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota Parepare.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare Jumadi menguraikan, penghargaan kota layak anak kategori nindya ini telah diraih mulai tahun 2021, 2022, dan 2023.

“Awal pertama terima penghargaan kota layak anak ini kita mulai kategori pratama, madya, dan nindya sudah tiga kali,” ungkapnya,” Kamis (27/7/2023).

Jumadi menguraikan, jika melihat indikator penilaian kota layak anak oleh Kementerian PPPA, di kota Parepare pelaksanaannya sudah maksimal dan berdasarkan hasil penilaian tahun ini hasilnya sudah 9.14 poin dari 1.000 target poin nilai yang harus dicapai.

“Dari hasil penilaian itu, verifikasi lapangan penilaian kota layak anak di Parepare tahun 2023 tidak lagi dilakukan karena memang nilai dari penilaian indikator sudah kami penuhi,” terang Jumadi.

Meskipun demikian lanjutnya lagi, ke depan pihaknya optimis naik tingkat ke kategori utama penilaian Kota Layak Anak di tahun 2024.

“Untuk naik ke ketegori utama, salah satu syaratnya membentuk lembaga namanya UPT Perlindungan, Perempuan dan Anak (PPA) yang menjadi syarat indikator penilaian, dan untuk meraih ini kita perlu kerja kolaborasi seperti yang selalu ditekankan oleh Bapak Walikota (Taufan Pawe),” jelasnya.

Pembentukan UPT PPA di Parepare tambahnya, saat ini tengah tahap proses verifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Insyaallah tahun depan (2024), Pemerintah Kota Parepare optimis bisa naik ke kategori Utama penghargaan Kota Layak Anak,” tambah mantan Sekwan DPRD Parepare ini. (k13/kls **)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *