Taufan Pawe Buka Seminar Pendidikan, Ingatkan Peningkatan Sumber Daya Manusia

KILASKATA.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang diwakili Asisten III, Eko W Ariady menghadiri pembukaan seminar pendidikan yang dilaksanakan oleh Dewan Pendidikan Kota Parepare di Auditorium BJ Habibie, Kota Parepare. Jumat, 16/6/2023.

Eko saat membacakan sambutan Wali Kota Parepare mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi kepada Dewan Pendidikan Kota Parepare yang menjadi pemrakarsa kegiatan seminar tersebut. Hal ini, kata dia membuktikan bahwa Dewan Pendidikan berkontribusi besar dalam peningkatan peningkatan kualitas pendidikan di Kota Parepare.

Pelaksanaan seminar tersebut, ungkapnya merupakan hal yang sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan kompetensi kualitas pendidikan di Kota Parepare. Berbicara tentang pendidikan dalam pembangunan daerah memiliki peran yang sangat strategis. Pendidikan mempunyai peranan dalam meningkatkan kualitas manusia sebagai sumberdaya pembangunan dan menjadi titik sentral pembangunan.

“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan memberikan gagasan cerdas dalam upaya peningkatan kulaitas pendidikan di daerah ini. Mari menjadikan kegiatan semacam ini sebagai ajang menambah bekal pengetahuan dan tukar pikiran dalam peningkatan kualitas pendidikan di daerah kita,” ucap Eko.

“Saya mengapresiasi tema yang diusung dalam pelaksanaan seminar ini yakni “Literasi Merdeka”. Melalui kebijakan Merdeka Belajar, kita terus bergerak bersama para pemangku kepentingan meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik dan masyarakat,” ungkapnya.

Merdeka belajar secara konseptual bertujuan, lanjutnya untuk mewujudkan kompetensi pelajar Indonesia yang mencerminkan profil Pelajar Pancasila. Program Merdeka Belajar juga merpakan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik dengan memberikan keleluasaan pada pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Eko menjelaskan dalam peningkatan kualitas pendidikan, maka hal utama yang perlu dibenahi adalah meningkatkan kualitas para guru. Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru.

“Saat ini tantangan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugas semakin banyak dan semakin kompleks. Selain dihadapkan kewajiban meningkatkan profesionalismenya, guru dihadapkan pada semakin dinamisnya situasi dan kondisi, baik lingkungan sekolah, maupun lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan dampak media massa terhadap perkembangan karakter peserta didik yang cenderung semakin agresif,” bebernya.

“Sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan, guru harus meng-upgrade kompetensi dalam menghadapi era Pendidikan 4.0. Peserta didik yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan dunia digital. Peserta didik sudah terbiasa dengan arus informasi dan teknologi industri 4.0. Ini menunjukkan bahwa produk sekolah yang diluluskan harus mampu menjawab tantangan industri 4.0,” tandasnya. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *