Parepare Penopang Ekonomi di Sulsel, Gubernur Sulsel Harap Festival Salo Karajae Dipertahankan

KILASKATA.COM, PAREPARE – Pengunjung pada Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival Salo Karajae mencapai ribuan orang.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, pengunjung mencapai 6.959 orang yang terdiri laki-laki 2.541 orang, perempuan 2.858 orang, dan anak-anak 1.560 orang.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat membuka even skala nasional ini, mengajak masyarakat hadir meramaikan Festival Salo Karajae dengan menikmati sajian pariwsitasa, seni dan budaya.

Taufan menjelaskan, meski Parepare kota kecil namun punya kontribusi besar dalam meningkatkan kemajuan pariwisata juga sebagai motor penggerak ekonomi di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia.

“10 tahun mengabdi di Parepare, ini adalah tahun terakhir saya. Mudah-mudahan pengganti saya dapat meneruskan kejayaan dan kemajuan pariwisata Parepare sehingga masyarakat kita tetap sejahtera menikmati apa yang telah kita hadirkan saat ini,” paparnya.

Melalui kegiatan ini, Gubernur Sulawesi Selatan melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan, Asriady Sulaiman, menyampaikan apresiasi karena Pemkot Parepare melalui Disporapar mampu mempertahankan Festival Salo Karajae ini dalam Kalender Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf RI.

“Even ini perlu kita support apalagi sudah masuk dalam Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf RI tahun ke 10. Mari sama-sama membersarkan even ini menjadi lokomotif perekonomian di Sulsel agar dapat sejajar dengan even nasional bahkan internasional,” terangnya.

Menteri Kemenparekraf RI, yang diwakili Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Muhammad Arifin, juga memberikan apresiasi pada pembukaan even skala nasional ini. Dia berpesan agar Festival Salo Karajae dapat terus dipertahankan.

“Siapa pun pemimipin kelak setelah Pak Wali (Taufan Pawe) agar dapat mempertahankan even ini sebagi ciri khas Parepare,” harapnya.

Inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, kata dia dapat memajukan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi yang ditopang dari daerah.

“Patut kita apresiasi Festival Salo Karajae ini yang telah ambil bagian dalam pertumbuhan ekonomi sebagai langkah nasional melalui rangkaian kegiatan pariwisata, seni dan budaya di dalamnya,” tutupnya.

Hingga hari ketiga pelaksanaan Festival Salo Karajae ini, pengunjung terus bertambah. Berbagai kegiatan pariwisata, seni, budaya, dan jajanan kuliner yang disajikan Dinas Kepemudaan Olahrga dan Pariwisata Parepare bekerjasama dengan berbagai instansi dan UMKM menarik perhatian warga berkunjung.

“Malam ini Festival Salo Karajae diisi kegiatan fashion show yang akan menampilkan rancangan baju dari berbagai desainer ternama termasuk rancangan Ibu Ketua Tim Penggeraka PKK Kota Parepare yang juga Ketua Dekranasda akan menampilkan rancangan bajunya,” tambah Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *