Wisuda UMPAR, Rektor Ucapkan Selamat, Wali Kota Ingatkan Pendidikan Berkualitas

KILASKATA.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare Taufan Pawe diwakili oleh Asisten III, Eko W Ariady menghadiri Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, Wisuda Sarjana dan Program Magister Universitas Muhammadiyah Parepare Angkatan XXXV (Tiga Puluh Lima) di Kampus Universitas Muhammadiyah Parepare. Rabu, (24/5/2023)

Sambutan Wali Kota yang dibacakannya mengatakan ucapan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah berhasil menempuh program sarjana dan magister Universitas Muhammadiyah Parepare.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Parepare, saya ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Wisuda ke-35 UMPAR. Semoga momentum wisuda ini semakin membangkitkan tekad dan semangat sivitas akademika dan para lulusan UMPAR untuk memberikan bakti terbaik bagi almamater, masyarakat, dan Kota Parepare,” ucap Taufan Pawe yang dibacakan oleh Eko W Ariady.

Eko mengungkapkan, Taufan Pawe selaku pimpinan daerah berharap agar para wisudawan yang dikukuhkan pada hari ini dapat menjadi generasi-generasi baru yang mau peduli terhadap pendidikan dan pembangunan masyarakat secara keseluruhan.

Pemerintah Kota Parepare, kata dia, akan terus berupaya untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas, berdaya saing, serta memberikan bekal untuk perwujudan masyarakat yang hidup dalam kemuliaan akhlak dan berpengetahuan yang luas, termasuk menghadirkan pendidikan yang melahirkan SDM dengan keterampilan khusus dan sesuai dengan tuntutan lapangan
pekerjaan.

Eko menjelaskan bahwa pendidikan diarahkan untuk membentuk generasi emas. Dalam upaya mewujudkan Generasi Emas ini, maka yang perlu dilakukan adalah pembangunan karakter dan pendidikan karakter. Hal ini menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya.

“Indonesia emas yang tinggal 22 tahun lagi adalah masa depan dan kesempatan saudara. Karena itu untuk menyiapkan diri tidak ada pilihan lain, kalian harus ambil bagian dalam pembangunan Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, para wisudawan harus menyadari bahwa kemajuan suatu bangsa dapat diasosiasikan dengan bagaimana para lulusan universitas mengambil peran strategisnya dalam bentuk produktivitas dan semangat untuk kemajuan dan eksistensi bangsanya,” ungkap Eko.

Olehnya itu, lanjutnya, mulai dari sekarang harus dipersiapkan generasi emas tersebut melalui pendidikan berkarakter. Pendidikan berkarakter tersebut dapat dimulai penanaman jiwa nasionalisme dan kegiatan yang dilakukan pada merupakan salah satu upaya mempersiapkan generasi emas tersebut.

“Pemerintah Kota Parepare menyampaikan ucapan terima kasih kepada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Parepare yang telah berhasil mencetak sarjana dan magister dan kepada para wisudawan sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilan yang dicapai. Keberhasilan ini merupakan bukti nyata dari kontribusi terhadap pembangunan daerah, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare, Dr. Nasir mengatakan, mewakili segenap Civitas Akademika pihaknya menyampaikan selamat dan penghargaan atas keberhasilan Saudara (i), Wisudawan (i) dalam menyelesaikan studi di UMPAR.

“Para Alumni telah berhasil melewati berbagai tantangan dan cobaan selama studi, ini sungguh luar biasa,” kata dia.

Menurut dia, keberhasilan adalah berkat rahmat dan karunia Allah SWT yang ditunjang dengan kerja keras dan usaha yang maksimal, dukungan dari orangtua dan keluarga. Karena itu jadikan wisuda ini menjadi salah satu momentum untuk bersyukur kepada Allah SWT.

“Tak lupa Saya menyampaikan Selamat kepada para orang tua Wisudawan (ti). Kami turut bersyukur dan berbahagia atas keberhasilan putra putri Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang Bapak-Ibu berikan kepada UMPAR untuk mendidik putra-putrinya di kampus kebanggaan ini,” paparnya.

UMPAR, lanjut dia, sebagai salah satu wadah pendidikan bagi generasi bangsa, salah satu perguruan tinggi terkemuka di Sulawesi Selatan khususnya Wilayah Ajatappareng, terus berupaya mengembangkan diri secara nasional maupu internasional, hal ini sejalan dengan usaha keras UMPAR dalam menghasilkan lulusan, menyiapkan lulusan dalam memasuki fase baru dalam kehidupan karir, apakah itu lembaga pemerintahan, swasta hingga menjadi wirausahawan dan wirausahawati.

“Selain itu, ingatlah bahwa para wisudawan(ti) adalah seorang ilmuwan. Seorang ulul al-baab.  Orang yang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Menjadi ulil al-baab berarti bahwa ilmu yang kita miliki hendaknya dapat meningkatkan keyakinan dan keimanan kita kepada Sang Pencipta, Allah ‘SWT,” paparnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah hadir pada kesempatan kali ini.

“Marilah kita bulatkan tekad dan teguhkan niat untuk secara bersama selalu bahu-membahu dalam membina, mengembangkan dan memajukan Institusi ini. Semoga Allah SWT melimpahkan pada kita, rahmat, taufiq dan hidayah, serta kekuatan dan kesabaran, dalam upaya mencapai seluruh program kerja yang telah di sepakati,” ungkapnya. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *