Ini Agenda Acara di Puncak HUT ke-63 Kota Parepare

KILASKATA.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare akan menggelar puncak HUT ke-63 Kota Parepare. Dijadwalkan pada Senin, 20 Maret 2023.

Berbagai agenda akan menyemarakan puncak HUT Parepare, tahun ini. Di antaranya Pameran Pembangunan dan UMKM bertajuk Parepare Fair yang akan berlangsung selama sepekan.

Pada puncak HUT Kota Parepare nantinya yang akan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman akan meresmikan sejumlah hasil pembangunan tahun 2022.

Tercatat ada sembilan kegiatan hasil pembangunan yang akan diresmikan. Total nilainya, mencapai sekitar Rp88 miliar lebih.

Adapun kesembilan kegiatan yang akan diresmikan tersebut, di antaranya pembangunan jembatan kembar dengan nilai Rp28 miliar lebih, pembangunan Pasar Wekke’e dengan nilai Rp2,5 miliar lebih, pembangunan pelataran UMKM dengan nilai Rp7 miliar lebih, revitalisasi Stadion Gelora BJ Habibie dengan nilai Rp2,5 miliar lebih, pengadaan Rumah Impian dengan nilai Rp3,7 miliar lebih, pengelolaan pendidikan SD dan SMP dengan nilai Rp5,2 miliar lebih, betonisasi dan revitalisasi jalan lingkungan dengan nilai Rp7,6 miliar lebih, rehabilitasi dan rekonstruksi jalan dengan nilai Rp27 miliar lebih dan pembangunan trotoar dengan nilai Rp3,2 miliar lebih.

“Masih tentatif, bisa saja masih ada tambahan hasil kegiatan pembangunan yang akan diresmikan nantinya pada puncak HUT Kota Parepare,” kata Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan Setdako Kota Parepare, Julius Upa. (19/3/2023)

Ketua Panitia HUT Kota Parepare, Rahmawati melalui Wakil Ketua I Adriani Idrus mengatakan, puncak HUT Kota Parepare akan dipusatkan di Lapangan Tenis Indoor Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Parepare pada Senin siang, 20 Maret 2023.

Kegiatan itu, rencananya akan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulsel, kepala daerah tetangga dan lainya.

Adriani Idrus juga menjelaskan, guna memeriahkan HUT Parepare juga menggelar Parepare Fair. Ada sekitar 70 tenan yang disiapkan.

“Parepare Fair ini, banyak peminat yang ingin berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Olehnya itu, kami mengutamakan dulu pihak eksternal mengisi tenan lalu para SKDP,” katanya.

Ia mengungkapkan, untuk tenan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mereka akan menyiapkan masing-masing satu tenan. Berkonsep tema SKPD.

“Kalau tenan SKPD sendiri itu berkonsep tema SKPD terkait. Contohnya untuk Dinas Kesehatan bertema kesehatan, dan lainya. Disitu juga kita mengusung tema kendalikan inflasi dalam rangka mendorong dan membangkitkan perekonomian dalam menunjang kesejahteraan masyarakat Parepare,” jelas Kepala BKPSM Kota Parepare ini.

Ia menambahkan, untuk kelancaran para pengunjung di Parepare Fair, pihaknya telah menggelar menggelar rapat koordinasi dengan Polres, Satpol PP dan unsur terkait, termasuk rekayasa jalan.

Karena konsepnya ini, adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat maka harus memperhatikan kenyamanan pengunjung.

“Apalagi momen ini sangat pas, karena menyambut ramadan,” tandas Adriani Idrus. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *