Wali Kota Taufan Pawe Apresiasi MoU Antara Lapas dengan KPU Parepare

KILASKATA.COM, PAREPARE – Inspektur Kota Parepare Muh. Husni Syam mewakili Wali Kota Parepare menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Lapas Kelas IIA Parepare dengan Komisi Pemilihan Umum Kota Parepare di Lapas Kelas IIA Parepare. Rabu, 15/3/2023.

Hadir pula Plt Kepala Dinas Pencatatan Sipil Parepare, Ketua Bawaslu Parepare, Polres Parepare, dan Kodim 1405 Parepare.

Dalam sambutan Wali Kota Parepare yang dibacakan oleh Husni Syam mengatakan bahwa Pemerintah Kota Parepare mengapresiasi acara penandatanganan perjanjian tersebut.

Menurut Husni, kerja sama KPU dengan Lapas menjadi hal yang strategis untuk memperlancar dan mempermudah proses-proses dalam hal Pemilu dan Pemilikada. KPU, kata dia melayani pemilih sepanjang tidak dicabut hak pilihnya, walaupun yang bersangkutan berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (Rutan).

“Melalui perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara KPU dengan Lapas dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing yang saling berkaitan erat. Tentu kita semua berharap semoga sinergi ini dapat berkontribusi positif dalam penyelenggaraan pesta demokrasi di Indonesia ke depan, khususnya di Kota Parepare,” ucap Husni.

Husni mengungkapkan bahwa khusus warga binaan yang berada di Lapas, tidak mungkin bagi mereka mengurus pindah memilih. Dengan demikian ada koordinasi antara KPU dengan pihak Lapas. Maka dari itu KPU sediakan TPS khusus.

“Kami pemerintah daerah hadir untuk mematangkan kesiapan untuk Pemilu 2024,” tandasnya. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *