Tim Penilai Lomba Inovasi Puji Disporapar Pemkot Parepare Lahirkan Inovasi DEWIKU

KILASKATA.COM, PAREPARE – Inovasi kantor DEWIKU (Destinasi Wisataku) yang digagas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwiasata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka diakui oleh tim penguji.

Itu terungkap saat Amarun Agung Hamka memaparkan inovasi tersebut di hadapan penguji pada ajang penilaian lomba inovasi kota Parepare di kantor Puslatbang KMP LAN RI di Makassar.

“Inovasinya sangat tepat. Inovasi kantor DEWIKU ini dapat merubah budaya kerja organisasi yang lebih baik. Disporapar mampu menciptakan inovasi yang merubah lingkungan kerja jauh lebih nyaman,” ucap Mila, salah seorang penguji yang diketahui pernah bekerja di kantor Harian Fajar itu.

Amarun Agung Hamka sendiri memberikan pemaparan terkait inovasi tersebut. Dia menunjukkan bagaimana ia merubah lingkungan kerja yang asri layaknya destinasi wisata.

Alumni STPDN dan eks Kabag Humas Pemkot Parepare itu menyampaikan terimakasih atas respons positif dari tim penilai dari Puslatbang KMP LAN Makassar.

“Kami sangat berterimakasih atas pujian serta penilaian yang positif ini. Kami anggap itu sebagai sebuah motivasi,” kata dia. (6/3/2023).

Hamka menjelaskan, inovasi kantor DEWIKU memiliki konsep dimana kantor Disporapar dilengkapi dengan filosofi-filosofi pada setiap bagiannya.

Misalnya pada konsep logo yang menggunakan simbol dan filosofi masyarakat Bugis; Anjong Bola yang bermakna kemegahan, kemuliaan, pencapaian/puncak tertinggi

“Anjong bola merupakan kepala rumah. Hal ini menjadi simbol kemegahan, kemuliaann dan pencapaian dunia yang telah dilalui manusia. Bentuk diagonal mengikuti struktur atap rumah Bugis kemudian dibuat saling bertaut dan menyangga. Itu merupakan sebuah simbol menguatkan bersama menuju tujuan bersama,” papar Hamka.

Pada logo ini pula lanjut dia, dibuat dalam 2 bentuk konfigurasi yang melingkar sebagai bentuk dukungan. Sementara bentuk yang satu dibuat dalam bentuk segitiga yang disusun dari 2 bentuk ‘anjong bola’. (k13/kls**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *