Taufan Pawe Buka Diklat Pelatih dan Wasit Taekwondo se Sulsel Harap Lahir Atlit Berprestasi

KILASKATA.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengikuti dan membuka kegiatan diklat pelatih dan wasit Taekwondo daerah Sulawesi Selatan.

Hadir para asisten, staf ahli, para kepala SKPD, lurah dan camat se Kota Parepare.

Taufan dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya diklat tersebut. Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, para pelatih dan wasit dapat mengetahui bagaimana menjadi pelatih dan wasit yang baik dan benar dalam menghasilkan atlit yang berprestasi.

Pelatih dan wasit olahraga, kata dia merupakan seseorang yang kompeten dalam suatu cabang olahraga. Jika pelatih bertugas untuk menyiapkan fisik juga mental olahragawan ataupun kelompok olahragawan, maka wasit memiliki tugas mengatur jalannya suatu pertandingan olahraga serta menegakkan peraturan yang berlaku selama pertandingan berlangsung.

“Dalam sebuah pertandingan, pelatih punya peran yang cukup sentral dalam menentukan taktik dan strategi. Pelatih juga berperan dalam memberikan latihan fisik dan dukungan moral kepada para olahragawan dalam menghadapi pertandingan atau perlombaan,” ucap Taufan.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini mengungkapkan bahwa peran pelatih dan wasit ini juga sangat dibutuhkan di olahraga Taekwondo, karena olahraga ini merupakan salah satu jenis olahraga beladiri yang populer di dunia dan menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Di Indonesia, ungkap dia olahraga ini sangat digandrungi oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Menurutnya, pelatih dan wasit di olahraga Taekwondo harus selalu dibekali dengan pelatihan pelatihan dan pendidikan terkait olahraga ini agar mereka bisa menjadi pelatih dan wasit yang profesional sehingga dapat menghasilkan atlit berprestasi.

“Pemerintah Kota Parepare sangat mendukung serta mensupport atas diselenggarakannya pelatihan ini, karena dapat menjadi sarana pembelajaran bagi para pelatih dan wasit Taekwondo se-Sulawesi Selatan terkhusus Kota Parepare yang akan memberikan multi efek positif dalam perkembangan serta peningkatan olahraga Taekwondo di daerah ini,” ungkap Taufan.

Dirinya menyakini bahwa pelatihan tersebut dapat menciptakan para pelatih dan wasit yang handal dan profesional di masa mendatang sehingga ke depan dapat membina atlet berprestasi untuk berlaga pada tingkat lebih tinggi baik di level nasional maupun internasional.

“Mari kita tingkatkan prestasi atlet Taekwondo Sulawesi Selatan terkhusus lagi Kota Parepare. Semoga kita bisa mengejar dan terus berprestasi pada setiap event yang diselenggarakan dalam semua tingkatan khusus pada cabang Taekwondo. (k13/kls/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *