Berita  

Penerima Bansos Wajib Tahu! Ini Bantuan yang Bakal Cair di 2023

KILASKATA.COM, JAKARTA – Program Bantuan Sosial (Bansos) masih menjadi topik yang sangat menarik bagi masyarakat Indonesia. Bantuan sosial dari pemerintah ini selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi penerima bantuan.

Lantas berapa banyak bansos yang diberikan oleh pemerintah di tahun 2023?

Dilansir Ayojakarta.com dari kanal YouTube Diary Bansos pada (26/1/23) Informasi terbaru terkait bantuan sosial tahap 1 di Tahun 2023 segera cair dalam waktu dekat.

Anggaran yang telah disiapkan oleh Kementerian Keuangan kurang lebih 470, 6 Triliun Rupiah untuk perlindungan sosial diantaranya untuk belanja bantuan sosial.

Berikut 5 Program bantuan baru dari Kementerian Sosial Republik Indonesia:

1. Bantuan permakanan Lansia

Bantuan permakanan atau atensi permakanan yang akan diberikan kepada lansia keluarga tunggal dengan usia 75 tahun keatas.

Syarat bansos permakanan lansia tunggal ini ialah

Pertama harus tercatat di DTKS, Kedua termasuk benar-benar lansia tunggal dan sudah diverifikasi oleh pendamping sosial.

Bagi penerima bantuan sosial permakanan lansia tunggal, akan diberikan bantuan permakanan senilai Rp 21.000 setiap harinya dalam bentuk makanan, lauk pauk, potongan buah dan air mineral.

2. Bantuan permakanan Disabilitas

Bantuan permakanan disabilitas akan diberikan kepada penyandang disabilitas yang tercatat di DTKS, sudah diverifikasi oleh pendamping sosial dan layak mendapatkan bantuan permakanan ini.

Rencananya bantuan sosial BPNT akan dialihkan ke bantuan permakanan lansia tunggal usia 75 tahun keatas, dan disabilitas.

3. Bantuan atensi yatim piatu

Bantuan akan diberikan kepada anak yatim, piatu atau yatim piatu yang usianya dibawah 18 tahun. Bantuan yang akan diberikan sebesar Rp 200.000 setiap bulannya.

4. Bantuan RST (Rumah Sejahtera Terpadu)

Bantuan Rumah Sejahtera Terpadu merupakan bantuan terbaru dari pemerintah. Bantuan yang akan diberikan mencapai Rp 20.000.000 untuk setiap keluarga penerima manfaat.

Bantuan ini diberikan kepada keluarga penerima manfaat untuk merenovasi rumah supaya layak huni, penerangan juga semakin terang, memiliki dapur sehat, kamar mandi sehat dan bersih.

5. Bantuan program PENA (Pahlawan ekonomi nasional)

Bantuan yang diberikan berupa modal usaha khusus bagi KPM yang mempunyai rintisan usaha. Usaha

Bagi penerima bantuan PENA, diharuskan untuk keluar dari bantuan soal baik PKH ataupun BPNT.

Nantinya penerima bantuan sosial PENA akan diberikan modal usaha dan pendampingan dari Kemensos agar usaha yang dirintis semakin berkembang dan maju.

Itulah 5 program baru dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang akan disalurkan di Tahun 2023.

Sumber: (Ayojakarta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *