Angin Kencang, Satu Rumah dan Tiga Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Parepare

PAREPARE, KILASKATA.COM — Anging kencang disertai hujan deras mengakibatkan satu pohon besar tumbang di Jalan Mappaesonae, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, akibatnya satu rumah warga dan 3 mobil terimpa pohon tumbang.

” Kejadian sekira 02.30 WITA, angin kencang disertai hujan berlangsung selama 30 menit, tiba-tiba pohon besar setinggi 13 meter tumbang menimpa rumah saya dan 3 mobil terparkir tertimpa pohon itu, ” Kata pemilik rumah, Haji Anto, Kami dini hari (04/01/2023).

Kata Anto, yang merupakan pemilik rumah angin yang begitu keras menimbulkan suara gemuruh, suara itu membuat kami panik, kemudian suara gemuruh angin diperparah dengan suara pohon tumbang yang menimpa atap rumah kami serta menimpa 3 mobil di bawahnya.

” Suara gemuruh anging begitu keras, suara angin diperparah dengan jatuhnya pohon besar berukuran 13 meter menimpah atap rumah dan 3 mobil yang terparkir. ” terang Anto.

Menerima laporan pohon tumbang, petugas Pemadam Kebakaran, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, langsung membersihkina material pohon tumbang itu, walau pohon berukuran besar, personil Damkar Kota Parepare, membersihkan pohon tumbang hanya dalam 30 menit.

” kita menurunkan 20 personil melihat pohon begitu besar, 3 mobil yang berada dibawah pohon itu mengalami rusak parah. Tiga mobil itu adalah mobil service karena rumah pak Anto juga merupakan bengkel diko. ” Kata Kabid Penanggulangan Kebakaran, Dinas Damkar Parepare, Syafruddin Sjam.

Kata Safruddin, sudah dua hari ini anging kencang terjadi. Terjadinya selalu tengah malam hingga dini hari. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ditengah cuaca buruk, Petugas Damkar menugaskan 20 personil berjaga hingga pagi.

” Pada cuaca buruk tahun ini, kami menambah petugas jaga, agar kita bisa dengan cepat menyelamatkan warga jika terjadi kabarakan atau bencana alam. ” Papar Syafruddin Sjam.

Sementara itu Walikota Parepare, Taufan Pawe, memang memerintahkan kepada BPBD dan Pemadan Kota Parepare, agar reaksi cepat apabila terjadi bencana. Ia juga menghimbau kepada warga Parepare Khusuya agar waspada terhadap cuaca buruk di bulan ini. (KL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *