Piala AFF 2022: Timnas Indonesia vs Kamboja 2-1 di Laga Pembuka, Shin Tae-yong Tak Puas

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak puas dengan penampilan anak asuhnya di pertandingan pembuka Piala AFF 2022, meski skuad asuhannya meraih kemenangan atas Kamboja di laga pertama Grup A. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat 23 Desember 2022, Witan Sulaeman dan rekan-rekannya hanya menang tipis 2-1.

Egy Maulana Vikri membawa Indonesia unggul 1-0 saat laga baru memasuki menit ketujuh. Gol Witan pada menit ke-35 membawa skuad Garuda kembali unggul atas Kamboja yang sempat menyamakan kedudukan melalui Saret Kyra pada menit ke-15.

Dalam pertandingan ini, Indonesia seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol dengan banyaknya peluang yang mampu mereka ciptakan. Skuad Garuda tercatat melakukan 19 kali tembakan ke gawang, sedangkan Kamboja hanya empat kali.

“Selamat kepada pemain, walaupun pertandingan sangat sulit bagi pemain,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers setelah pertandingan.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyayangkan dengan banyaknya peluang yang terbuang. Ke depan, hal itu harus diperbaiki.

“Tapi menurut saya sangat disayangkan untuk laga ini, membuat saya marah,” ucapnya. “Di meeting tadi saya minta kepada pemain untuk fokus. Tapi kami step by step akan lebih baik.”

“Memang saya berterima kasih kepada pemain karena meraih kemenangan. Tapi yang membuat saya marah karena menurut saya tidak bisa menunjukkan permainan kami yang seru kepada penggemar dan harusnya bisa mencetak banyak gol,” tuturnya.

Egy Maulana Vikri bersyukur timnas Indonesia meraih kemenangan di laga pembuka Piala AFF 2022 ini. Ia pun mengakui ada evaluasi dari pertandingan melawan Kamboja hari ini.

“Terima kasih atas doa dukungan suporter. Untuk awal pertandingan memang sulit, Alhamdulillah dikasih kemenangan. Tim pelatih akan terus mendorong kami agar setiap pertandigan lebih baik,” kata Egy.

Di babak pertama, Egy membuat kesempatan emas mencetak gol. Ketika itu dia hanya tinggal berhadapan dengan kiper Kamboja, namun ia gagal memanfaatkan momen itu untuk menjebloskan bola ke gawang lawan.

“Untuk peluang kedua memang depan gawang sudah sempat satu sentuhan terus melihat pergerakan kiper nebak ke kanan yang mau passing. Makanya saya mengubah arah dan nyangkut,” ujar dia menambahkan.

Timnas Indonesia akan menjalani laga kedua Grup A Piala AFF 2022 menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam, Senin, 26 Desember nanti. Berbeda dengan skuad Garuda yang meraih kemenangan, Brunei akan menjamu tim asuhan Shin Tae-yong, setelah dikalahkan Filipina 5-1 pada Jumat, 23 Desember ini.

Untuk sementara, timnas Indonesia berada di puncak klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan tiga poin dari satu laga yang sudah dijalani. Di posisi kedua diduduki Kamboja dengan tiga poin dari dua laga. Urutan selajutnya Thailand (3 poin), Filipina (3 poin, dan Brunei Darussalam (0 poin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *